Rabu, 29 November 2023

Contoh Sampah B3


Sampah B3 adalah sampah yang mengandung unsur bahaya dan beracun. Sampah B3 artinya adalah Sampah Bahan Berbahaya dan Beracun. Sampah ini harus dikelola dengan baik. Sampah ini membahayakan manusia, hewan dan lingkungan. Buanglah sampah ini dengan bijak. Pisahkan sampah jenis B3 dan kumpulkan dengan wadah terpisah dari sampah-sampah yang lain. Amankan sampah jenis ini ke pengepul sampah B3 atau buang di kotak sampah berwarna merah.

Contoh Sampah B3

> kaca
> kemasan detergen
> kemasan pembersih
> kemasan pembasmi serangga
> bahan-bahan kimia dan zat beracun
> bekas elekronik
> obat kadaluarsa

Komponen dalam sampah B3 bisa merusak lingkungan hidup jika dibuang sembarangan. Zat dalam sampah B3 juga beresiko mengancam kesehatan manusia serta makhluk hidup lain. Berhentilah untuk bersikap tidak peduli. Kita harus mengolah sampah sejak sekarang. Kita tidak tau apa yang akan terjadi esok hari, kita tidak akan tahu jika sampah B3 akan melukai kita sendiri atau orang lain di sekitar kita. Selain macam-macam sampah B3 mari kita kenali juga bahaya yang bisa disebabkan sampah B3.

Sampah B3 Mudah Meledak

sampah yang mengandung bahan peledak atau penghasil panas dapat memicu ledakan sebab limbah B3 menghasikan gas dengan suhu dan tekanan tinggi melalui reaksi fisika atau kimia sederhana. ledakan bisa disebabkan karena sumber percikan api, gesekan, atau reaksi dengan bahan kimia lain.

Sampah B3 Mudah Terbakar

limbah B3 juga berpotensi terbakar disebabkan unsur limbah yang memiliki sifat mudah menyala atau flammable. Terbakarnya limbah ini bisa  terjadi hanya karena kontak dengan udara, nyala api, air atau bahan kimia lain.

Sampah B3 Mengandung Racun

limbah dengan zat negatif dapat meracuni manusia, hewan, dan lingkungan yang dilewati limbah tersebut. Racun yang disebabkan limbah ini dapat menyebabkan iritasi, keracunan, sakit bahkan kematian jika terjadi kontak pernapasan, kulit atau mulut.

Sampah B3 Komponen Berbahaya

bukan hanya sampah-sampah cair dan gas saja yang berpotensi melukai makhluk hidup. Sampah padat dengan ketajaman dan bentuk berbahaya dapat menyebabkan luka dan kerusakan. Limbah benda tajam tidak bisa dibuang sembarangan dan harus dibuang dengan cara yang tepat.

Tambahan, alangkah baiknya jika membungkus lebih dulu sampah B3 yang pecah atau remuk dengan kain atau kardus seelum membuangnya ke kotak sampah. agar tidak melukai petugas sampah saat mengelolanya.


Mari kita cintai alam. Salam dari penulis dan terimakasih sudah membaca.


Postingan ini diikutsertakan dalam eco literasi aksi melestarikan bumi, Challenge Eco 3Dop Ibuku Content Creator

Tidak ada komentar:

Merk Clodi Yang Bagus

  Bismillahirrahmaanirrahiim Kesehatan dan kebersihan adalah hal penting yang harus diperhatikan. Terutama untuk seorang bayi. Kepentingan m...