Rabu, 15 November 2023

3 UPAYA MANDIRI MENGATASI SAMPAH DI SEKOLAH




Sebagai masyarakat yang aktif dalam berkegiatan, kita pasti juga turut andil dalam menyumbang sampah. Entah itu sampah organik atau non organik. Baik itu dilingkungan tempat tempat tinggal, tempat kerja, sekolah dan lain sebagainya. Maka dari itu, kesadaran lingkungan harus kita tanamkan dalam diri kita dan orang sekitar kita. Dalam artikel ini penulis ingin berbagi tiga upaya mandiri yang bisa diterapkan untuk mengurangi masalah sampah dan dampak negatif sampah di sekolah. Sebelum itu, mari kita kenali dulu apa saja sampah di sekolah. 

  SAMPAH NON ORGANIK SEKOLAH 

Seperti yang kita ketahui, sampah non organik adalah sampah yang tidak bisa terurai sendiri. Ataupun jika bisa terurai akan butuh waktu yang lama. Contohnya sebagai berikut : 
> bungkus jajan 
> alat-alat bekas praktek 
> peralatan sekolah yang tidak terpakai/rusak 
> dan lain sebagainya 

  SAMPAH ORGANIK 

Meski sekolah adalah lingkungan belajar namun tidak jarang sekolahan benyumbang banyak sampah organik, seperti ; 
> daun-daun yang gugur 
> sampah dapur kantin bagi sekolah yang menyediakan fasilitas makan 
> sisa makanan jajan ataupun bekal 
> kayu-kayu bekas dari perabot sekolah 
> dan lain sebagainya

  SAMPAH KERTAS 

Sebagai pusat kegiatan belajar dan mengajar tentu sekolah memiliki sampah kertas yang cukup banyak.

  SAMPAH BARANG BERBAHAYA/BERACUN 

Sekolah juga berpotensi menyumbang sampah bebahaya seperti residu kapur dan zat-zat kimia tidak terpakai dari Laboratorium Praktikum. Selesai membahas jenis-jenis sampah di sekolah penulis ingin menyampaikan tiga upaya mandiri yang bisa kita giatkan bersama untuk mengatasi masalah sampah di sekolah, yaitu dengan : 

  1. Mulai Dari Diri Sendiri 
ya, dimulai dengan menanam kesadaran diri akan pentingnya menjaga lingkungan lalu menerapkannya dengan tindakan. Meski tidak ada aturan tertulis di sekolah mengenai pengelohan sampah, kita harus belajar untuk bertindak peduli pada liingkungan. Dimasa modern ini, informasi mengenai pengolahan sampah juga bisa diakses dengan mudah melalui internet dan sosial media.

  2. Menyiapkan Kantung Sampah 
tidak membuang sampah sembarangan dan memilah sampah kita sendiri adalah tanggung jawab mandiri yang harus kita lakukan dimanapun kita berada termasuk di sekolah. Dengan menyiapkan kantung sampah sendiri kita bisa menjaga dari tercecernya sampah. Hal ini sangat berguna jika tempat sampah di sekolah terletak jauh dari kelas. Dan jangan lupa untuk memilah sampah kita agar mudah membuangnya ke tempat pembuangan yang sesuai. Kita bisa menyiapkan beberapa kantong sampah dari rumah. 

  3. Tidak Menumpuk Sampah Lebih Dari Satu Hari 
harus buang sampah hari itu juga. Jangan biarkan sampah menginap di sekolah walau satu hari, karena itu akan membuat kita kebiasaan menumpuk sampah. Sepulang sekolah kita harus membuang sampah kita sendiri ke pembuangan yang sesuai dengan jenis sampah itu. Dengan begini, insyaAllah masalah sampah akan sangat berkurang. Ada banyak sekali cara untuk kita merawat lingkungan. Karena kita hidup di bumi ini, maka pengolahan sampah juga menjadi tanggung jawab kita. 

Jangan bosan memilah sampah kita dan mebuangnya di tempat yang tepat ya. Semoga tulisan ini bermanfaat. Terimakasih sudah membaca.

Postingan ini diikutsertakan dalam eco literasi aksi melestarikan bumi, Challenge Eco 3Dop Ibuku Content Creator 

Tidak ada komentar:

Merk Clodi Yang Bagus

  Bismillahirrahmaanirrahiim Kesehatan dan kebersihan adalah hal penting yang harus diperhatikan. Terutama untuk seorang bayi. Kepentingan m...